Menciptakan Peluang Usaha di Desa Menjanjikan, Langka Tapi Menguntungkan

Bosan kerja? coba kamu beralih ke dunia usaha rumahan yang lagi trend. Kamu juga bisa mengatur jam kerja sendiri, usaha rumahan juga terbilang minim modal tapi untung bisa lumayan lho. Meski minim modal, bukan berarti keuntungan yang didapat juga sedikit. Kalau produk atau jasa yang kamu tawarkan berkualitas, maka keuntungan yang besar juga bakal menghampirimu. Lantas gimana caranya bisa sukses? Pertama-tama, kamu harus melakukan riset terlebih dulu, kira-kira bisnis apa yang cocok. Sebisa mungkin, tentukan bidang usaha yang benar-benar kamu pahami. Misalnya kamu hobi koleksi sepatu-sepatu bermerek, sampai-sampai hafal betul setiap seri, keluaran terbaru, sampai cara membedakan mana yang asli dan palsu. Nah jualan sepatu secara online menjadi pilihan yang tepat buat kamu. Atau kamu orangnya pintar memasak, gak ada salahnya untuk terjun ke bisnis kuliner rumahan. Nah jika kamu masih bingung, berikut ini kita kasih referensi-referensi usaha rumahan yang lagi trend saat ini.

Menciptakan Peluang Usaha di Desa Menjanjikan, Langka Tapi Menguntungkan

Ada banyak usaha rumahan yang lagi trend yang bisa kamu lirik yang bisa dijadikan sumber pendapatan. Mulai dari barang-barang kreatif, makanan, sampai jasa. Barang-barang itu bisa kamu tawarkan hanya bermodalkan peralatan-peralatan yang ada di rumah.

1. Katering sehat

Katering sehat. (Pixabay) Gaya hidup sehat kini tengah ngetrend di kalangan masyarakat, khususnya di wilayah perkotaan. Khususnya bagi pegawai kantoran, banyak yang mengikuti kebiasaan sehat seperti lari sepulang kantor, bersepeda ke kantor sampai menyantap makanan sehat. Nah, memanfaatkan kebiasaan di rumah kamu bisa membuka usaha rumahan yang lagi trend adalah katering sehat. Dengan bermodalkan dapur rumah, beserta bahan-bahan makanan yang kamu beli di pasar, kamu sudah bisa mendapatkan banyak keuntungan. Gak perlu masakan yang ribet-ribet, yang penting porsi dan gizinya seimbang. Referensi makanan sehat bisa dilihat di Youtube atau buku resep-resep.

2. Jualan produk kecantikan

Produk kecantikan. (Pixabay) Berjualan produk kecantikan juga menjadi peluang usaha rumahan yang paling menggiurkan. Karena kamu gak harus memiliki keahlian untuk membuat kosmetik, cukup jadi dropshipper dan menjualnya secara online, kamu bisa mendapatkan juga keuntungan. Produk kosmetik yang paling dicari biasanya, kosmetik-kosmetik yang terbuat dari herbal, pemutih kulit, pengurus badan,penghilang jerawat, dan lain-lain. Kalau kamu pengin punya brand sendiri, tinggal ajak kerja sama dokter atau klinik kecantikan yang memang sudah terpercaya. Minta mereka buatkan satu produk, misal pemutih badan atau penghilang jerawat, kemudian tinggal kamu pasarkan ke internet menggunakan brand kamu sendiri. Manfaatkan e-commerce seperti Tokopedia, Bukalapak, dan Shopee untuk menjangkau pasar yang lebih luas lagi. Udah deh kamu bisa menjalankannya dari rumah hanya bermodalkan ponsel atau komputer beserta jaringan internet.

3. Bisnis PPOB

Bisnis PPOB yang dikelola BRI. (Instagram) Kalau kamu sering melihat di rumah atau ruko yang menerima berbagai macam pembayaran sebagai bayar listrik, bayar air, bayar pajak, cicilan kendaraan, dan lain-lain, itulah bisnis PPOB. Kepanjangan dari PPOB adalah Payment Point Online Bank. Usaha rumahan yang lagi trend ini bisa kamu jalankan hanya membutuhkan perangkap internet dan laptop atau komputer. Caranya juga gampang, tinggal mendaftar menjadi mitra ke agen seperti Paytren, Payfazz, hingga Kudo. Nantinya kamu bakal diinstalkan aplikasi pembayarannya di laptop atau komputer milikmu. Sudah deh, tinggal pasang plang di depan rumah, kamu sudah bisa mulai berbisnis.

4. Jasa jahit

Jasa jahit. (Pixabay) Kamukah ibu rumah tangga yang memiliki keahlian menjahit? Gak ada salahnya membuka jasa menjahit. Jasa jahit dari dulu hingga saat ini tetap laku keras, karena pakaian termasuk ke dalam kebutuhan utama manusia. Kalau baju robek, celana robek, baju kebesaran, semuanya pasti lari ke tukang jahit. Untuk membuka jasa menjahit kamu cuma perlu mesin jahit, dan beberapa benang-benang. Soal tempat, kamu bisa manfaatkan ruang tamumu menjadi workshopnya. Bakal lebih untung lagi, kalau kamu gak cuma bisa menjahit, tapi juga bisa membuat pola baju atau celana. Jadi gak cuma reparasi baju yang rusak, tapi juga bisa bikin baju misalnya kemeja batik, atau seragam PNS.

5. Jasa rias

Jasa rias. (Pixabay) Usaha rumahan yang lagi trend yaitu membuka jasa merias wajah. Setiap bulan atau bahkan setiap minggunya pasti ada aja orang-orang yang punya hajatan, entah itu nikahan, ulang tahun, atau wisuda. Nah membuka jasa rias wajah menjadi pilihan usaha rumahan yang tepat. Karena pertama kamu gak perlu modal yang besar, cukup alat make up, cermin, dan lampu selesai deh. Kemudian, keuntungan yang bisa didapat juga lumayan, biasanya jasa rias itu dibanderol dengan harga yang lumayan, sekitar Rp 100 ribu sampai Rp 1 jutaan per orangnya.

6. Jual kerajinan tangan

Jual kerajinan tangan. (Pixabay) Kerajinan tangan menjadi barang yang paling di buru dan banyak yang cari, apalagi kalau barang itu lagi trend sekarang. Sebut saja seperti kursi dan meja yang terbuat dari bambu, baju rajut, dan juga kerajinan tangan dari kain flannel. Untuk bisa terjun ke bisnis ini, modal utamanya adalah keterampilan dan kreativitas.

7. Jualan mainan edukasi

Jual mainan edukasi. (Pixabay) Proses edukasi anak gak cuma dimulai dari bangku pendidikan formal saja, tetapi sejak kecil anak juga sudah bisa diedukasi dengan mainan-mainan yang mendidik. Misalnya seperti puzzle, permainan motorik anak, atau buku menggambar. Mengingat banyak orang tua yang mulai fokus mendidik anak dalam mengasah IQ dan kecerdasan anak sejak dini, mainan-mainan edukasi ini cocok menjadi pilihan usaha rumahan yang lagi trend. Kamu bisa berbelanja di pasar mainan, seperti pasar gembrong kalau di Jakarta, kemudian kamu jual lagi via Instagram, atau e-commerce seperti Tokopedia dan OLX. 13. Usaha rumahan yang lagi trend, jual barang antik
Jual barang antik. (Pixabay) Menjual barang antik dari rumah juga bisa menjadi pilihan yang menguntungkan. Tapi bukan berarti kamu harus mengubah rumahmu menjadi lapak, jualannya tetap melalui aplikasi e-commerce atau media sosial. Barang antik yang paling laku saat ini adalah lukisan tua, peralatan elektronik jadul seperti ponsel jadul, radio, tv, sampai kamera-kamera analog. Semakin antik barang yang kamu jual, harganya bisa semakin melambung tinggi. Keantikan itu bisa diukur dari tahun pembuatan, juga jumlah barang yang tersebar saat ini. Semakin langka tentu semakin mahal. Tapi kamu harus rajin-rajin berburu barang antik ke pasar-pasar loak, atau pasar barang bekas.

Peluang Usaha Rumahan Di Desa Yang Pasti Menguntungkan


 1. Usaha Dalam Bidang Hidroponik

Peluang usaha ini biasanya malah sering diterapkan diperkotaan karena kurangnya lahan bisa dimanfaatkan. Namun jangan salah masyarakat desa juga bisa membuat lahan hidroponik bahkan dengan skala yang cukup besar. Sistem tanam hidroponik sangat banyak menguntung bagi masyarakat desa selain dari sisi tempat, juga sumbernya juga sangat memadai. Masyarakat desa banyak yang menganggap bahkan pertanian model hidroponik itu banyak memakan biaya. Tapi sebenarnya Sistem hidroponik lebih murah dan praktis apabila tahu caranya.

2. Sewa Alat Pertanian 

Peluang usaha rumahan yang kedua ini masih berkaitan dengan pertanian, namun berbeda sedikit. Sewa alat pertanian, salah satu usaha yang populer di masyarakat desa dan sudah sangat banyak ditemukan. Apalagi memasuki masa tanam dan masa panen akan banyak sekali petani yang membutuhkan berbagai alat pertanian. Alat pertanian yang biasanya sering laku yaitu untuk tanaman padi karena mayoritas petani kita adalah petani padi. Traktor merupakan salah satu mesin yang sering dibutuhkan, jadi anda mungkin yang sudah memiliki modal bisa membelinya.

3. Penjualan Aneka Bibit Tanaman 

Di desa masyarakatnya sangat suka sekali dengan berkekebun maupun bertani, bahakan ada yang menjadikanya sebagai mata pencaharian. Kadang kadang orang desa juga mengikuti trend tentang tanaman apa yang sedang banyak ditanam di wilayah. Contohnya saja di daerah admin sedang ngetrend pohon kelengkeng yang sedang banyak ditanam. Dengan demikian munculah peluang usaha rumahan dengan yang pasti menguntungkan.

4. Berbisnis Kuliner 

Untuk peluang usaha yang satu ini merupakan bisnis yang tidak ada matinya baik itu di desa maupun perkotaan. Karena dimana pun manusia hidup pasti membutuhkan makanan untuk bertahan hidup. Dalam membuka usaha bidang kuliner di pedesaan tentunya sedikit berbeda dengan yang ada di perkotaan. Berbagai pertimbangan perlu anda catat untuk memperlancar usaha anda. Beberapa pertimbangan yang paling sering terjadi adalah daya beli masyarakat dan jenis kuliner yang sesuai dengan pasar sekitar. Banyak sekali jenis makanan yang bisa anda kembangkan menjadi bisnis kuliner yang cukup menjanjikan. Contoh usaha rumahan bidang kuliner yaitu kue tradisional. Anda juga jangan terpaut hanya berjualan di rumah atau outlet saja. Dengan sekarang yang zaman sekarang yang serba online anda dapat memanfaatkan peluang ini menjadi lebih lebar. Di desa sekarang juga sedang menjamur berbagai cafe atau semacam tempat nongkrong yang banyak dikunjungi anak muda.

5. Budidaya Daya Ikan 

Selain bidang pertanian dan perkebunan masyarakat desa suka sekali dengan beternak. Berbagai macam jenis hewan dapat dibudidayakan di desa mulai dari mamalia, ikan, hingga burung. Jadi anda tinggal pilih jenis hewan apa yang akan dibudiyakan. Ada berbagai tujuan orang desa berternak, yang hanya untuk hobi, dan ada juga semata mengisi waktu luang, bahkan untuk dijadikan penghasilan juga ada. Salah satu diantara banyak hewan budidaya ikan merupakan komoditas yang cukup menggiurkan untuk peluang usaha rumahan di desa. Budidaya ikan sendiri terbilang cukup mudah serta tidak membutuhkan modal yang banyak. Cukup mempunyai lahan yang bisa di tempati sebagai kolam budidaya ikan. Jangan bingung memilih jenis ikan apa yang akan anda budidayakan karena ada beberapa ikan yang mudah secara perawatan dan pasarnya cukup digemari. Beberapa diantaranya adalah ikan lele, ikan nila, dan ikan mas. Untuk memasarkan jenis jenis ikan tersebut juga tidak sulit, anda bisa menjualnya ke pengepul langsung.

6. Usaha Budidaya Ayam atau Bebek 

Sama halnya dengan budidaya ikan budidaya ayam atau sangat cocok diterapkan di desa. Karena kita tahu sendiri bahwa beternak kedua unggas ini memerlukan tempat yang lumayan. Beternak unggas juga tidak terlalu rumit cukup diperlakukan dengan benar maka hasil panennya akan lumayan. Dari ayam saja kita bisa memilih untuk membudidayakan ayam petelur atau yang pedaging. Kadang kadang masyarakat desa hanya memelihara ayam untuk hobi saja. Namun kini juga sudah cukup banyak yang mulai membudidayanya untuk diperjual beli. Begitu juga dengan bebek, namun bebek mempunyai nilai jual yang lebih pada telurnya.

7. Usaha Kerajinan Tangan 

Berbagai peluang usaha rumahan di desa bisnis kerajinan tangan merupakan usaha yang sedikit memerlukan ketelatenan. Kerajinan tangan membutuhkan latihan dan ketekunan untuk mendapatkan sebuah karya yang akan kita jual dipasaran. Namun peluang ini besar kesempatannya untuk menembus pasar nasional bahkan internasional. Kerajinan yang anda hasilkan bisa dari berbagai macam bahan, seperti barang bekas, bahan alami seperti serat tanaman, tanah liat, rotan, kayu dan sebagainya. Semakin unik atau bahan atau hasilnya anda akan semakin meningkatkan nilai jual barang tersebut. Peluang usaha kreatif memang tidak ada habisnya, malah bisa dikatakan sangat menjanjikan.

8. Membuka Toko Sembako Sekaligus Penjualan Pulsa dan Token 

Mungkin peluang usaha rumahan di desa yang satu ini kita semua sudah tidak asing lagi di keseharian kita. Tidak dipungkiri lagi bahwa kehidupan kita baik di desa maupun di kota memerlukan kebutuhan sehari hari. Baik berupa bahan makanan maupun berupa bahan kebutuhan lain seperti token pulsa atau pulsa yang tidak kalah penting.

9. Membuka Bimbingan Belajar 

Untuk usaha bidang pendidikan ini sebenarnya baik di kota maupun di desa sangatlah dinikmati. Ditambah lagi orang tua sekarang lebih mengedepan kan pendidikan anak. Mungkin anda seorang mahasiswa atau ibu rumah tangga yang memiliki latar belakang pendidikan bisa membuka dirumah. Atau anda juga bisa datang ke rumah untuk memberikan servis pengajaran anda.

10. Peluang Usaha Pom Mini Di Desa 

Salah satu masalah yang ada di pedesaan yaitu sulitnya mendapatkan bahan bakar untuk kendaraan. Karena masyarakat desa sudah menganggap motor menjadi kebutuhan yang penting. Jadi suplai bahan bakar ke desa menjadi meningkat. Kita ketahui bahwa di desa SPBU sangat jarang ada, kalau pun ada jarak cukup jauh untuk dijangkau masyarakat sekitar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel link

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel