Menciptakan Peluang Usaha Unik di Desa Berkembang yang Lagi Trend

Melihat kemajuan teknologi tidak ada lagi yang membatasi antara yang hidup di perkotaan dengan di desa, lalu bagaimana menciptakan peluang usaha di desa yang lagi trend saat ini? Untuk menciptakan peluang usaha semakin terbuka meskipun berada di kampung. Menjadi orang kampung bukan berarti hanya fokus pada bidang pekerjaan bertani dan berternak saja, melainkan membangun usaha dari daerah sepi menjadi berkembang dengan menciptakan potensi yang ada di desa tempat tinggal kita. 

Begitu banyak peluang usaha di desa yang dapat kita kembangkan di mana potensial itu tidak dimiliki oleh orang kota. Tetapi untuk menciptakan peluang usaha itu perlu kerja keras untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. Tak perlu khawatir jika anda jeli melihat potensi bisnis yang ada di sekitar kita, ternyata banyak peluang usaha rumahan di desa dengan modal relatif kecil karena potensi komuditas di desa justru tidak dimiliki orang perkotaan.

Peluang Usaha Unik di Desa Berkembang yang Lagi Trend


Berikut 12 jenis Peluang Usaha kami rekomendasikan untuk mengembangkan usaha rumahan yang ada di desa yang lagi trend :

1. Peluang Usaha rumahan di desa jualan produk secara online

Dengan masuknya internet sampai ke polosok desa akhir-akhir ini peluang usaha rumahan di desa berkembang pesat sehingga trend usaha rumahan booming oleh ibu-ib rumah tangga di desa. Bukan hanya yang tinggal di kota tetapi mereka yang tinggal di pinggir kota sudah memanfaatkan internet untuk keperluan komunikasi dan mejalankan usaha hanya dari rumah saja.


Peluang Usaha rumahan di desa jualan produk secara online

Adapun jenis usaha secara online ada dua, yaitu produk fisik maupun produk digital. Produk fisik biasanya di jual dengan sistem dropship, reseller, dan affiliate, Sedangkan produk digital yang biasa disebut dengan program affiliate.

Berjualan produk biasa memanfaatka situs-situs marketplace yang tersedia dan juga media sosial, seperti:
  • Tokopedia
  • Lazada
  • Bukalapak
  • Shopee
  • Facebook
  • Instagram
  • dan lain sebagainya

2. Peluang Usaha Rumahan yang Lagi Trend Jasa PPOB

Bisnis PPOB (Payment Point Online Bank) adalah salah satu jenis usaha rumahan di desa yang lagi trend saat ini oleh masyarakat Indonesia khususnya. Bisnis PPOB juga menawarkan jasa pembayaran berbasis digital online kepada masyarakat, diantaranya adalah;


Peluang Usaha Rumahan yang Lagi Trend Jasa PPOB

- Membayar cicilan kendaraan
- Membayar tiket/travel
- Membayar tagihan PDAM
- Membayar tagihan telepon/listrik
- Membeli voucer pulsa 
- Membayar tagihan TV kabel
- Membayar tagihan internet, 
- dan berbagai pembayaran lainnya yang berbasis digital online perbankan.

Apabila Anda berminat memulai usaha rumahan ini tidak diperlukan modal yang besar. Langkah pertama tentunya Anda harus memiliki software PPOB, perangkat komputer/ laptop, dan juga koneksi internet yang stabil. Salah satu aplikasi PPOB yang saat ini cukup populer digunakan adalah Paytren dan masih banyak lagi.

3. Peluang Usaha Rumahan Jasa Cuci Mobil dan Motor

Melihat pertumbuhan pengguna kendaraan sepeda motor dan mobil saat ini di Indonesia berkembang begitu pesat sehingga di balik itu dapat menciptakan peluang usaha rumahan yang dapat menghasilkan pendapatan tambahan yang minim modal. Yap jasa cuci motor dan mobil saat ini lagi trend yang dapat dikerjakan di rumah yang menjadi alternatif sebagai peluang usaha rumahan.


Peluang Usaha Rumahan Jasa Cuci Mobil dan Motor

Anda dapat memulai usaha ini dengan modal awal saja yang tidak sedikit, namaun melihat potensi kedepannya sangat menjanjikan. Apabila anda serius ingin menjalankan bisnis ini di rumah, maka sebelumnya persiapkan dana usaha yang bisa dipangkas untuk keperluan peralatan yang dibutuhkan antaranya:
  • Kompressor Angin
  • Tangki Snow wash
  • Alat semprotan Air
  • Perlengkapan Pencucian
  • Shamphoo
  • Semir Ban Motor & Mobil
  • Biaya Listrik
  • Biaya PDAM
  • Gaji Karyawan
4. Peluang Usaha Rumahan Jasa Laundry

Bisnis laundry sebenarnya di Indonesia sudah cukup lama booming khususnya di kota, namun trend bisnis ini belum berakhir karena kesibukan seseorang yang tidak ada waktu untuk mencuci pakaian sendiri mereka lebih memilih yang praktis yaitu dengan cara laundry.


Peluang Usaha Rumahan Jasa Laundry

Meskipun hampir semua orang dapat menjalankan bisnis ini mulai dari ibu rumah tangga, mahasiswa dan hingga anak muda yang produktif dan inovatif.

Berikut Presentase Pasar Laundry :
  • Mahasiswa (48%)
  • Pekerja (32%)
  • Rumah Tangga (16%)
  • Dan lain-lain (4%)
Adapun dari persentase pasar bisnis laundry di atas ditahui bahwa bisnis ini membuka peluang usaha yang sangat baik dijalankan di sekitar kampus dan pemukiman. Jadi, jika tempat tinggal Anda berdekatan dengan kampus dan pemukiman warga maka usaha rumahan ini sangat cocok dan lagi trend ini sangat potensial untuk Anda jalankan.


5. Menjadi Blogger dan Youtuber


Menjadi Blogger dan Youtuber

Melihat perkembangan internet yang berkembang pesat dapat menciptakan peluang usaha dengan menjadi blogger atau pun youtuber. Namun untuk menekuni pekerjaan ini dibutuhkan skill dan potensial yang dimiliki. Adapun gaji seorang youtuber bukan main-main apabila anda sudah mempu menghasil incoming dari youtube karena akan di gaji dollar.

6. Peluang Usaha Rumahan di Desa Ternak Ayam Kampung


Peluang Usaha Rumahan di Desa Ternak Ayam Kampung

Melihat potensi yang ada di desa yang lagi sepi tetapi memiliki daya kembang yang baik untuk mengembangkan usaha rumahan di desa seperti berternak ayam kampung karena melihat kondisi di desa yang masih jauh dari perkotaan sehingga sangat cocok untuk berternak usaha di bidang peternakan khususnya ayam kampung. Ayam kampung masih memiliki nilai jual yang sangat tinggi karena masih banyak yang membutuhkan pedaging ayam kampung untuk dikonsumsi.

7. Peluang Usaha Rumahan Kuliner


Usaha kuliner memang tidak ada matinya, setiap hari bertambah bertambah, jika anda yang hobby memasak dan paham akan bumbu racikan dan banyak orang yang suka dengan masakan anda alangka baiknya anda membuka peluang usaha kecil rumahan di desa yang cukup menguntungkan. 


Peluang Usaha Rumahan Kuliner

Ada beberaa model usaha rumahan yang dapat anda terapkan dengan sistem :

  • Buka warung didepan rumah
  • Sistem katering
  • Sistem antar
  • Atau dengan sistem pre order.  

Agar usaha anda tetap laris dan banyak pengunjungnya utamakan pelayanan yang ramah dan memiliki ciri masakan yang enak, sehingga pelanggan anda tetap menjadi pelanggan setia anda.

8. Peluang Usaha Jasa Desain Cetak/Undangan


Peluang Usaha Jasa Desain Cetak Undangan

Peluang usaha jasa desain atau cetak undangan masih trend di di kalangan masyarakat khususnya yang ada di desa, peluang usaha ini sangat cocok untuk anak muda untuk mendapatkan penghasilan tambahan di rumah dengan modal kecil tapi menguntungkan. Melihat potensi di desa masih banyak yang membutuhkan jasa cetak seperti :

  • Cetak kartu undangan pernikahan
  • Kartu nama
  • Fotocopy
  • Cetak sablon, atau spanduk
  • Dan aneka jenis desain cetak lain

Usaha yang satu ini dapat pula Anda jalankan sebagai usaha tambahan menjual peralatan alat tulis, buku bacaan, hingga menjual aksesoris keperluan sekolah.

9. Peluang Usaha Warung Wifi dengan konsep menarik


Peluang Usaha Warung Wifi dengan konsep menarik

Melihat perkembangan sekarang ini anak muda sangat suka dengan internet, mereka bahkan rela mengeluarkan biaya pulsa untuk membeli kouta internet. Apabila anda punya inovasi melihat peluang usaha anda dapat membuka internet (wifi) gratis untuk menarik pelanggan anda. Jenis warung dapat beraneka ragam tergantung anda mengelola bagaimana konsepnya? Warung makan, warung jus berbagai jenis minuman segar, dan masih banyak lagi tergantung pelayanan dan konsep yang anda ciptakan untuk membuat pelanggan anda kembali lagi.

Kesimpulan :


Apapun jenis bisnis yang anda pilih tentunya harus dibarengi dengan niat dan tekat yang kuat agar tidak mudah putus di tengah jalan. Kemauan yang kuat dan tetap optimis bahwa pintu kesuksesan akan terbuka apabila anda sungguh-sungguh menjalaninya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel link

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel